Wajib Tahu, 10 Destinasi wisata di Makkah Terbaik dan Terpopuler saat Haji

Wajib Tahu, 10 Destinasi wisata di Makkah Terbaik dan Terpopuler saat Haji

Wajib Tahu, 10 Destinasi wisata di Makkah Terbaik dan Terpopuler saat Haji

Haji Plus Jakarta
Haji Plus Jakarta

Haji Plus Makkah adalah tempat suci pertama bagi umat Muslim di dunia karena menjadi tempat kelahiran Nabi Muhammad pada 570 Masehi. Keistimewaan kota Makkah lainnya adalah di kota inilah berdiri Ka’bah yang dibangun pertama kali oleh Nabi Ibrahim dan sekarang menjadi arah kiblat umat Muslim. Sehinga, Keluarga Haji wajib tahu 10 destinasi wisata di Makkah terbaik dan terpopuler saat haji. Berikut ulasannya: 

  1. Gunung Abu Qubays

Jabal Abu Qubays atau yang dikenal dengan gunung Abu Qubays merupakan salah satu destinasi wisata di Makkah yang wajib Keluarga Haji kunjungi.  Gunung Abu Qubays memiliki nilai sejarah yang menarik. Gunung yang berlokasi di sebelah timur Masjidil Haram ini diyakini sebagai gunung pertama di muka bumi yang diciptakan oleh Allah SWT. Gunung Abu Qubays ini pun menjadi lokasi di mana Nabi Muhammad berdiri untuk membelah bulan sebagai salah satu mukjizat. Travel Haji Plus

  1. Kawah Al Wahbah

Destinasi wisata di Makkah yang terbaik dan terpopuler selanjutnya adalah Kawah Al Wahbah. Objek wisata di Makkah yang satu ini terletak di gurun, yang berukuran hampir 1 mil dengan tebing setinggi 850 kaki (259 meter). Kawah Al Wahbah ini merupakan sisa aktivitas vulkanik gunung berapi di masa lalu, yang mana membuat salah satu sisi kawah memiliki dataran berpasir berwarna putih yang kini ditumbuhi pohon palem.

  1. Menara Abraj Al-Bait

Menara Abraj Al Bait merupakan tempat wisata di Makkah yang terdapat di Komplek Abraj Al Bait. Menara ini berlokasi dekat dengan Masjidil Haram yang memiliki tinggi 601 meter dengan 120 lantai. Dengan tinggi yang menjulang, menara Abraj Al-Bait akan disuguhkan keindahan kota Makkah yang luar biasa. Menara Abraj Al Bait juga dikenal sebagai menara jam yang memungkinkan Keluarga Haji untuk belajar tentang metode menentukan waktu, serta alam semesta, seperti galaksi, matahari, bulan, dan bumi. 

  1. Museum Abdul Raouf Khalil

Keluarga Haji selanjutnya bisa pergi ke Museum Abdul Raouf Khalil. Museum ini merupakan salah satu museum tertua yang sangat terkenal di sudut Kota Makkah. Museum ini berisi sejarah perkembangan Kota Jeddah yang berusia 2.500 tahun dan sejarah pra-Islam hingga peradaban modern. 

Ketika Keluarga Haji datang ke Museum Abdul Raouf Khalil ini akan dibawa dalam suasana masa lalu dengan melihat ukiran-ukiran kayu di bagian jendela dan pintu bangunan. Museum ini berada dalam satu komplek dengan masjid dan kastil tua Kota Makkah. Museum Abdul Raouf Khalil buka setiap hari pukul 08.00 hingga 12.00 dan pukul 17.00 hingga 21.00.

  1. Al Sakkaf Palace

Al Sakkaf Palace atau Istana Al Sakkaf ini terletak di pusat kota Makkah.  Al Sakkaf Palace disebut sebagai salah satu bangunan kuno tertua dan terbesar di kota Makkah. Sehingga, bangunannya sangat mencerminkan arsitektur Islam tradisional dengan ornamen kuno yang unik.

  1. Mecca Museum

Bangunan Mecca Museum ini dulunya merupakan Al Zahir Palace seluas 3.435 meter. Mecca Museum ini memiliki koleksi dari gambar-gambar penemuan arkeologi penting di Arab Saudi dan pameran tentang sejarah pra-Islam. Salah satu koleksinya termasuk salinan langka naskah Al-Quran. 

Tidak hanya itu, Mecca Museum juga memiliki aula seni Islam yang berisi asal-usul kaligrafi Islam dengan referensi huruf Arab.

  1. Masjid Al-Rahma 

Masjid Al-Rahma menjadi salah satu masjid terkenal di kota Jeddah, provinsi Makkah. Dibangun pada 1985, masjid Al-Rahma ini memiliki keunikan sebagai masjid terapung karena dikelilingi oleh laut.  Ketika air laut pasang, Keluarga Haji dapat melihat masjid ini seolah-olah terlihat mengambang.

Masjid Al-Rahma ini memiliki kombinasi dari arsitektur modern dan lama dengan 52 kubah luar di samping kubah utama dan 23 payung eksternal, serta ornamen di luar bangunan yang bertuliskan ayat-ayat Al-Quran.

Umumnya, para pengunjung yang datang ke masjid ini pada saat fajar atau matahari terbenam untuk menikmati pemandangan Laut Merah yang indah.

  1. Fakieh Aquarium

Fakieh Aquarium merupakan satu-satunya tempat wisata akuarium untuk umum di Arab Saudi.  Objek wisata di Mekkah ini cocok sekali bagi jamaah umroh yang membawa anak-anaknya untuk berlibur. Selain sebagai destinasi hiburan, Fakieh Aquarium memberikan edukasi mengenai kehidupan bawah laut.  Kelurga Haji yang ingin datang ke Fakieh Aquarium juga dapat menikmati pertunjukan lumpa-lumba dan kuda laut setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 23.00.

  1. Bait Al Balad

Bait Al Balad merupakan salah satu situs yang bersejarah, yang menampung beragam artefak, foto, dan dokumen sejarah kota Jeddah. Bait Al Balad dibangun pada awal abad ke-20 sebagai markas kedutaan besar Inggris di Jeddah.  Pada 2014, bangunan ini pun terpilih sebagai salah satu SItus Warisan Dunia UNESCO. 

  1. Zee Towa Well

Terakhir, destinasi wisata di Makkah terbaik dan terpopuler saat haji yang bisa dikunjungi adalah Zee Towa Well. Zee Towa Well memiliki nilai sejarah yang menarik untuk ditelusuri sekaligus dikunjungi secara langsung.  Zee Towa Well yang juga disebut sebagai sumur suci berdiri sejak 1400 tahun yang lalu dan menjadi tempat singgah Nabi Muhammad SAW yang kala itu ingin mengambil alih Kota Makkah. Selain itu, dalam buku lainnya Abdullah bin Umar juga menghabiskan malam di sumur suci ini setiap ia memasuki Makkah.  Hingga saat ini, Zee Towa Well masih terus dikunjungi wisatawan yang ingin meminum air langsung dari mata airnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *